Background

A.PENGERTIAN MUSIK TRDISI dan MUSIK MODERN


 Musik modern ialah musik yang lahir dan berkembang di daerah tertentu dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Contoh: Gong Renteng, yang di kembangkan oleh masyarakat Lebakwangi, Jawa Barat.
Ciri-ciri umum musik tradisi :
1. Ide musik tradisi disampaikan oleh komponis tidak melalui tulisan (notasi /partitur), tetapi secara lisan.
Maksudnya di sebarkan dari mulut ke mulut, hingga di kenal oleh masytarakat daerah tersebut.
2. Musik tradisi diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Generasi tua mengajarkan dan mengenalkan music daerah kepada generasi muda.ingat!! secara lisan.
3. Syair lagu music tradisi, sudah pasti berbahasa daerah. Selain itu, alunan melodi dan iramanya juga menunjukkan ciri khas kedaerahan.
Misalnya, syair lagu dari daerah sumatera menggunakan bahasa sumatera. Demikian juga di jawa. Contoh lainnya, syair lagu daerah Jakarta umumnya berbahasa betawi.
4. Music drasi melibatkan alat – alat music daerah dalam komposisinya. Music dan lagu – lagu daerah di Indonesia dibawakan dengan alat – alat music khas dari daerah masing – masing. Contoh lagu daerah jawa umumnya diiringi oleh alat music khas jawa, yakni gamelan. Lagu daerah Sulawesi utara diiringi dengan kolintang.
5. Musik tradisi umumnya merupakan bagian dari upacara ritual kebudayaan masyarakatnya. Contoh, music gong luang dari bali yang biasa dipergunakan untuk mengiringi upacara kematian ( ngaben ).
Dari pengertian dan ciri2 musik tradisi tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa music tradisi cenderung bersifat eksklusif. Artinya , music ini tidak dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat di luar kebudayaan yang melahirkan music tersebut. Komposisi, fungsi, nilai, dan karakteristik syair music tradisi suatu masyarakat sangatlah khas sehingga tidak mudah untuk dinikmati/diterima sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat lain.
B. JENIS-JENIS MUSIK MODERN NUSANTARA
Secara umum, music modern Nusantara dapat kita kelompokkan berdasarkan aliran, sumber bunyi,danproses penciptaannya.
Berdasarkan Alirannya
a. Musik jazz.
Musik Jazz merupakan jenis music yang dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika-Amerika. Musik ini berkembang pada sekitar sepuluh tahun pertama abad ke- 20 di New Orleans, Amerika Serikat.
Ciri utama dari music jazz adalah improvisasi. Improvisasi tersebut disertai dengan chord progresi yang berulang dari sebuah lagu popular atau komposisi asli.
b. Musik Rhythm and Blues (R&B)
Musik rhythm-and-blues yang lebih dikenal dengan music R&B memiliki genre-genre, seperti jumpblues, club blues, black rock and roll, doo woop, soul, Motown, funk, disco, dan rap.
Musik R&B dibuat dan didukung oleh sebaian besar masyarakat Afrika-Amerika pada awal 1940-an. R&B pertama kali diciptakan Jerry Wexler, yang terkenal dengan Atlantic Record-nya. Menurut Jerry Wexler, istilah rhythm and blues digunakan sebagai sinonim untuk music black rock and roll.
c. Musik Pop.
Ciri khas music pop ialah penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Komposisi musiknya juga mudah dicerna (easy listening). Terkadang para musisinya memberikan polesan tambahan untuk member I daya tarik bagi pendengar.
d. Music Rock
Salah satu jenis aliran music yang dipengaruhi oleh berbagai aliran music lain yang saling berkaitan. Musik ini mendominasi musik popular di barat sejak sekitar tahun 1995. Musik ini berawal dari Amerika Serikat, tetapi dipengaruhi oleh beragam kebudayaan dan tradisi music.
Instrumen music yang dominan paada music rock iallah gitar dan amplifiernya n instrument yang menghasilkan audio yang distorsi (teori kebisingan).
Dalam perkembangannya, music rock memiliki beberapa aliran. Antara lain heavy metal, punk, alternative, dan grunge.
e. Musik Country
Disebut juga music Country-and-Western merupakan sebuah genre besar pada music popular Amerika, yang di produksi oleh masyarakat Amerika Serikat. Music ini mulai tenar pada sekitar1920-an. Naaach, yang uniknya music ini bersal dari music tradisional (music rakyat) , daerah sselatan Appalachia.
Catat!!!
Music country terdiri atas beberapa gaya seperti western swing, honky-tonk, bluegrass, rockabilly, dan new country.
f. Musik Dangdut
Musik Dangdut pada dasarnya adalah hasil perpaduan antara music India dan music Melayu. Ciri khas music ini terletak pada pukulan alat music tabla, sejenis alat music perkusi yang menghasilkan bunyi “ndut”. Juga mengusung konsep easy listening.

Categories: Share

Leave a Reply